Aurora terindah

Ingin Melihat Aurora? Coba Kunjungi 9 Tempat Yang Menakjubkan Ini!

Posted by

Salah satu fenomena alam yang disebut aurora ini ternyata tidak bisa disaksikan di semua tempat lho. Anda hanya bisa menyaksikan salah satu fenomena alam yang menakjubkan ini di beberapa tempat di luar negeri. Salah satunya adalah Kutub Utara atau Selatan yang juga terkenal dengan suhu dinginnya yang bisa mencapai minus 15 derajat.

Tapi kalian sudah mengetahui belum apa sih aurora itu ? itu adalah salah satu fenomena alam yang bisa dilihat di langit pada malam hari. Fenomena itu membentuk seperti gabungan cahaya warna-warni, mulai dari warna merah, biru, hijau, kuning, orange yang selalu bergerak lambat di permukaan awan. Penampakan seperti ini faktanya hanya bisa dilihat di dekat lingkaran Arktik dan Antartika, kira-kira sekitar 66,5 derajat utara dan selatan garis Khatulistiwa.

Penampakan seperti ini juga mempunyai banyak sebutan di beberapa tempat. Seperti di Utara, disebut sebagai aurora borealis, sedangkan di Selatan disebut aurora australis. Nah pasti kita semua penasaran, dimana saja sih tempat yang bisa melihat penampakan indah ini? simak yuk pembahasannya di bawah ini.

Lokasi Terbaik Untuk Melihat Aurora Terindah

1. Abisko, Swedia

Tempat pertama yang bisa anda kunjungi untuk melihat fenomena indah ini adalah daerah Abisko yang terletak di negara Swedia. Di tempat ini bukan hanya aurora yang bisa anda lihat, anda juga bisa melihat beragam pemandangan indah disekitarnya seperti pegunungan, danau dan lebatnya hutan disana.

Abisko adalah salah satu daerah yang sangat terpencil dan jarang sekali terdapat polusi udara disini. Tetapi terpencil bukan berarti tidak bisa dijangkau oleh transportasi yah. Karena ternyata akses transportasi disini sangat mudah, anda bisa membawa kendaraan mobil atau juga menaiki kereta api.

Karena mempunyai pemandangan yang sangat indah, ditempat ini anda juga bisa menemui banyak penginapan dengan beragam harga. Eits, ada panduannya juga loh untuk melihat aurora terbaik, yaitu di tanggal 6 Desember dan 6 Januari. Dimana di tanggal tersebut, perkiraan bahwa matahari tidak akan terbit.

2. Fairbanks, Alaska

Tempat kedua yang bisa anda kunjungi adalah Fairbanksyang terletak di Alaska. Sama seperti Abisko, disini mata anda akan dimanjakan dengan beragam pesona pemandangan yang indah dan natural. Beda, di Fairbanks terdapat sedikit polusi udara di perkotaannya. Maka disarankan, jika ingin melihat aurora terbaik anda harus menjauh dari perkotaan dan anda bisa mendaki sedikit ke perbukitan yang ada disini.

3. Tromso, Norwegia

Tromso adalah salah satu kota terbesar di atas garis Arktik, Norwegia. Memang dibutuhkan banyak sekali biaya untuk bisa mengunjungi tempat ini, tetapi kami yakin sangat worth it jika anda kesini. Hal itu dikarenakan akses yang cukup jauh untuk bisa ke tempat ini, anda juga harus menyebrang pulau untuk bisa melihat penampakan terindah ini.

Banyak yang menyarankan jika ingin ke tempat ini, maka datanglah pada tanggal 26 November hingga 15 Januari, pada saat matahari tidak terbit. Dan juga carilah tempat yang agak menjauh dari perkotaan untuk mendapatkan pemandangan aurora yang sangat jelas.

Baca juga : 5 Rafting Terbaik di Bali Ini Bisa Memicu Adrenalin Anda Bersama Teman-Teman

4. Churchill, Manitoba, Kanada

Kota selanjutnya adalah Churchill yang berada di Teluk Hudson, Manitoba Utara, Kanada. Tempat ini adalah salah satu tempat terpencil yang hanya dihuni oleh kurang lebih sekitar 900 orang. Tempat ini juga banyak dikenal sebagai “Kota Beruang Kutub Dunia” karena memang anda bisa menyaksikan banyak sekali beruang yang hidup di tempat ini.

Kami sarankan jika ingin mendapatkan pemandangan aurora terbaik, maka anda harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari kota Churchill menuju ke The Churchill Northern Studies Centre dan dijamin anda akan terpesona dengan pemandangan aurora.

5. Yellowknife, Wilayah Barat Laut, Kanada

Masih di negara Kanada, kali ini anda bisa mengunjungi daerah Yellowknife untuk melihat pemandangan aurora terbaik. Tempat ini terletak di salah satu tepi pantai Great Slave Lake di barat laut Kanada. Untuk aksesnya sendiri, anda bisa menempuh perjalanan darat menggunakan mobil atau jika ingin lebih cepat maka disarankan untuk menaiki pesawat karena jarak tempuh yang cukup jauh.

6. Nuuk, Greenland

Salah satu kota dari Denmark, Nuuk, Greenland ini juga ternyata menyimpan pemandangan terbaik untuk melihat aurora. Populasi di tempat ini juga terbilang tidak terlalu banyak dibandingkan tempat lainnya. Jadi bisa dipastikan anda akan mendapatkan view aurora terbaik dengan gunung es disekitarnya. Oia, untuk bisa ke tempat ini anda harus merogoh kocek cukup dalam yah teman-teman.

7. Reykjavik, Islandia

Nah tempat selanjutnya mungkin terbilang cukup membutuhkan budget yang relatif murah dibandingkan tempat sebelumnya. Yaitu di Reykjavik, Islandia yang juga banyak menyediakan pemandangan seperti pantai, gunung, gletser, air terjun. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya tempat ini bukan?

Daerah ini juga termasuk mempunyai banyak penduduk di perkotaannya, maka dari itu coba untuk menjauh sedikit agar bisa melihat aurora dengan jelas.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Lembang Hits Yang Cocok Banget Didatengin Bareng Keluarga

8. Healy, Alaska

Healy adalah salah satu daerah di Alaska yang juga menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi para turis terutama pada saat musim aurora. Daerah ini termasuk salah satu tempat yang wajib anda kunjungi nih sekali seumur hidup. Apalagi pemandangan aurora yang disajikan di tempat ini sangatlah sepadan dengan yang anda keluarkan.

Ada salah satu spot foto terbaik di tempat ini yaitu di tepi danau Black Diamond Resort yang juga menyediakan tempat menginap. Banyak juga aktivitas yang bisa anda lakukan di tempat ini, seperti arung jeram di sungai Nenana, berkunjung ke Taman Nasional Denali dan juga mendaki di hutan.

9. Saariselka, Lapland, Finlandia

Nah jika anda ingin mencari tempat melihat aurora dengan polusi yang sedikit, maka datang saja ke Saariselka, Lapland, Finlandia. Bukan hanya aurora saja yang disajikan dari tempat ini, anda bisa jalan-jalan mengelilingi danau yang indah, melihat peternakan rusa dan juga mencoba beragam spot kuliner lokal.

Banyak yang mengatakan bahwa kuliner di tempat ini sangatlah unik, anda bisa mencoba daging rusa hampir di setiap restoran. Penasaran kan gimana rasa dari daging rusa? maka langsung deh cuss ke tempat ini.

Itulah tadi beberapa tempat yang bisa anda kunjungi untuk melihat keindahan alam aurora. Kira-kira anda tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu nih? hehe 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.